Saturday, October 25, 2014

Spesialisasi Bakmi Karet - Bakmie Aloy


Leisure place selanjutnya adalah Bakmi Aloy yang terletak di Ruko Citra 2 Blok H 2 no. 6, Jakarta Barat. Restoran yang memiliki opening time dari pukul 06.00 sampai 21.00 ini menawarkan bakmi karet sebagai menu andalannya, selain itu juga menawarkan kwetiaw, nasi tim, nasi hainam, bubur ayam , bihun, dan yang terbarunya adalah steamboat.  Range harga makanan yang ditawarkan mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 33.000 per porsinya, sedangkan minuman dimulai dari harga Rp 2000 sampai Rp 8000.
Yang membedakan dan menjadi daya tarik bakmi Aloy dengan yang lainnya adalah cita rasanya, ayamnya yang digunakan merupakan ayam rebus, selain itu konsumen juga dapat memesan ayam yang digunakan untuk pelengkap bakminya adalah daging dari bagian apa.
Untuk mendukung kelancaran bisnisnya, bakmi Aloy memberikan promosi-promosi seperti saat grand opening cabang baru, dan saat mengeluarkan varian steamboat dalam menunya. Biasanya promosi yang diberikan adalah dalam bentuk discount.
Diakui oleh Yola sebagai owner, restaurannya ramai pada saat weekend dibandingkan dengan weekdays dan didominasi oleh kalangan yang beragam mulai dari remaja hingga keluarga. Berbicara mengenai pengunjung, Yola mengakui  pernah adanya komplain dari pengunjung, namun diakuinya juga kalau setiap komplain memang berasal dari kelalaian para staff dan dapat menjadi perbaikan untuk kedepannya.
Yola sendiri mengharapkan konsumen dapat merasa nyaman saat menikmati makanannya  dengan berada di dalam restaurannya yang kini sudah berada di ruko. Yola sempat bercerita kalau bakmi Aloy ini memulai dari kaki lima, karena dianggapnya lokasi kaki lima yang panas, tidak nyaman bagi konsumen, maka sekarang Yola menempatkan Bakmi Aloy di ruko demi kenyamanan konsumennya. Kenyamanannya ditunjang dengan air conditioner yang dipasang setiap saat.
Bagi Yola, kunci keberhasilan dari Bakmi Aloy sendiri adalah dengan menjaga kualitas, tetap memberikan yang terbaik kepada konsumen-konsumennya, agar setiap konsumen yang datang dapat mendapatkan cita rasa yang tinggi, bahkan diharapkannya lagi hingga konsumen dapat merekomendasikan Bakmi Aloy ke rekan-rekannya.
Sehingga dapat dikatakan kalau pengunjung yang datang ke bakmi Aloy dikarenakan personal factors dimana experience and knowledge yang pernah didapatkan entah pernah berkunjung sebelumnya (repeat buying) atau direkomendasikan oleh rekan-rekannya. Selain itu pleasure derived juga membuat pengunjung datang, karena cita rasa yang diipertahankan oleh Bakmi Aloy itu sendiri.
Bagi pengunjung, bakmi Aloy sendiri memang diakui memiliki ciri khas tersendiri dalam cita rasa yang menggunakan ayam rebus tersebut, dari segi suasanapun dirasakan nyaman, karena tidak berpanas-panasan. Bagi konsumen juga merupakan suatu kelebihan karena Bakmi Aloy sendiri menyediakan steamboat, bagi pengunjung yang sering datang, steamboat tersebut menjadi varian yang menarik, dikala dirinya sedang bosan untuk menyantap mie, bihun, atau kwetiaw.
Keramahan staff pun dirasakan cukup ramah dan dapat melayani dengan baik, namun keramahan yang paling dirasakan adalah dari si owner itu sendiri, karena dapat mengingat nama para langganan restaurannya.
Dari segi harga yang ditawarkanpun dirasakan bersahabat bagi pengunjung, harganya murah dengan kualitas rasa dan bahan makanan yang  terjaga.
Sehingga secara total, pengunjung dari Bakmi Aloy merasa memiliki culinary experience yang menyenangkan, rasa bakmie yang enak kadang diidentikan dengan tempatnya yang kurang nyaman, namun di Bakmie Aloy, rasa makanan yang enak tetap dapat dinikmati dengan suasana yang nyaman, bahkan menu yang ada pun dirasakan variatif.
Harga dari makanan yang ditawarkan pun dirasakan sangat terjangkau dengan kualitas makanan yang diberikan oleh Bakmie Aloy. Konsumen juga merasa adanya kebersihan yang terjaga, lantainya bersih, mejanya juga bersih, udaranya sejuk, sehingga konsumen juga merasa nyaman dengan tempat Bakmie Aloy itu sendiri.
Bagi pengunjung hal yang memorable dari Bakmie Aloy adalah rasa dari makanannya yang enak dan berbeda dengan bakmi lainnya, hal ini juga yang menjadi faktor utama pengunjung datang lagi, untuk menikmati makanannya.

Namun berdasarkan blueprint dari Bakmie Aloy sendiri, terdapat titik kritis pada saat setelah pengunjung memesan makanan, karena baru setelah itu bahan makanan diambil, apabila bahan makanan yang dibutuhkan ternyata habis, maka pengunjung dapat merasa kecewa bahkan sungkan untuk kembali lagi ke Bakmie Aloy, sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu untuk menghindari hal tersebut.  Saat menunggu makanan juga menjadi titik kritis, karena tidak adanya attractions seperti TV ataupun musik. 

No comments:

Post a Comment